TATA TULIS LAPORAN PTK/PTS
1. Bahan yang digunakan
Bahan yang digunakan dalam membuat laporan PTK/PTS
adalah sebagai berikut.
a. Kertas
yang digunakan untuk membuat laporan PTK adalah HVS 70 atau 80 gram berukuran
21 x 29, 7 cm (A4) warna putih.
b. Sampul
luar (kulit luar) menggunakan bahan karton Buffalo atau Linen, dengan warna
sesuai ketentuan yang berlaku.
c. Antara bab yang satu dengan bab lain sebaiknya
diberi pembatas kertas dorslah (doorslag) yang warnanya sesuai dengan
warna sampul luar.
2. Pengetikan
Pengetikan
dalam pembuatan laporan PTK/PTS adalah sebagai berikut.
a. Pengetikan
laporan PTK pada umumnya ditetapkan dengan margin sebagai berikut:
Atas = 4 cm dari tepi kertas; Bawah = 3 cm dari tepi kertas
Kiri
= 4 cm dari tepi kertas; Kanan = 3 cm dari tepi kertas
b. Pengetikan
hanya dilakukan pada satu muka kertas, tidak bolak balik.
c. Jenis
huruf yang digunakan adalah Roman, atau huruf yang setara.
d. Ukuran
huruf yang digunakan adalah :
1) Untuk
tajuk ukuran font 12 atau 14.
2) Untuk
isi naskah ukuran font 12.
3) Untuk
judul cover (kaper) laporan PTK/PTS
ukuran font 16.
4) Untuk
nama penulis ukuran font 12.
5) Untuk
nama lembaga ukuran font 14.
3. Spasi
Dalam pengetikan sebuah laporan PTK/PTS, spasi
yang digunakan adalah sebagai berikut.
a.
Jarak antara baris yang satu dengan baris
berikutnya adalah dua spasi.
b.
Jarak antara petunjuk Bab (misalnya BAB V) dengan
tajuk bab (misalnya, SIMPULAN DAN SARAN) ada1ah dua spasi.
c.
Jarak antara tajuk bab (judul bab) dengan teks
yang pertama yang ditulis atau antara tajuk bab dengan tajuk anak bab adalah 3
spasi.
d.
Jarak antara tajuk anak bab dengan baris pertama
teks adlah dua spasi.
e.
Jarak antara baris akhir teks dengan tajuk anak
bab berikutnya 3 spasi.
f.
Jarak antara teks dng tabel, gambar grafik,
diagram adalah tiga spasi.
LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
.................. JUDUL ....................
.........................................................
|
Oleh:
Nama Peneliti
NIP xxxxxxxx xxxxxx xxxx
SEKOLAH
/ WILAYAH*) .......................
DINAS
PENDIDIKAN ............................
TAHUN
2011
LEMBAR PENGESAHAN
Judul : ”UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE EJA DI SDN 1 JAYAKERTA”
(KECAMATAN JAYAKERTA KABUPATEN KARAWANG)
NAMA
|
:
|
|
NIP
|
:
|
|
UNIT KERJA
|
:
|
|
SUBYEK
|
:
|
|
WAKTU
|
:
|
DESEMBER 2010 s/d JANUARI 2011
|
Jayakerta , 14 Desember 2010
|
|
Mengetahui
|
Peneliti
|
Ketua KKG GUGUS III
|
|
Kecamatan Jayakerta
|
|
NAMA
|
NAMA
|
NIP. ……………………………………
|
NIP. …............................
|
Mengesahkan
Kepala SDN …………………………………..
Kecamatan Jayakerta
______________________
NIP : …………………………………
ABTRAKSI
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................
}
Merupakan ringkasan seluruh penelitian dari
penjudulan sampai dengan kesimpulan dan saran.
}
........ dst
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rakhmatnya penulis dapat mengikuti “Diklat Penguatan
Kemampuan Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah” perioda tanggal 29 Agustus s.d
04 September 2010 tahap in service
learning-1 di Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan
Teknik Industri (PPPPTK BMTI).
Proposal ini disusun sebagai bagian dan
merupakan tugas “Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)” dari Pelatihan tahap pertama (in service learning-1)
tersebut, yang selanjutnya untuk ditindaklanjuti/diimplementasikan dalam Pelatihan tahap kedua (on the job
learning) yang diselenggarakan selama 1 (satu) bulan di Sekolah ...... /
Wilayah .... . *)
Berkat bantuan rekan sejawat dan arahan
dari narasumber maka proposal ini dapat terwujud, semoga PTK dengan judul “..............................**)“
ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya di Sekolah .... / Wilayah ..... *)
Bandung,
04 September 2011.
Penulis,
.............................................
DAFTAR ISI
halaman
LEMBAR PENGESAHAN
ABSTRAKSI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL (kalau ada)
DAFTAR GAMBAR (kalau ada)
DAFTAR LAMPIRAN (kalau ada)
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D.
Perumusan Masalah
E.
Pemecahan Masalah
F.
Tujuan Penelitian
G.
Manfaat Penelitian
BAB II KAJIAN PUSTAKA / TEORITIS
BAB III METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Dalam latar belakang masalah, peneliti menceritakan hal-hal yang
melatarbelakangi mengapa peneliti memilih judul tersebut).
}
alasan rasional mengapa penelitian tindakan kelas dilakukan
}
mengapa masalah dalam penelitian penting untuk diselesaikan dan mengapa
tindakan dipilih
}
kondisi ideal yg diharapkan, fakta-fakta yg terjadi di lapangan
B. IDENTIFIKASI MASALAH
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Identifikasi masalah berdasarkan
masalah-masalah yang muncul di latar belakang masalah baik secara tersurat
maupun tersirat)
C. PEMBATASAN MASALAH
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Pembatasan masalah
adalah masalah-masalah yang dipilih untuk diteliti. Tidak semua masalah dapat
diselesaikan sekaligus dengan satu kali penelitian, sebagai pertimbangan yakni:
biaya; waktu; alat dan bahan; bekal kemampuan teoritis peneliti; dan penguasaan
peneliti terhadap metode penelitian yang akan digunakannya)
D. PERUMUSAN
MASALAH
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Perumusan masalah adalah
usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang
perlu dijawab atau dicarikan jalan pemecahannya)
E. PEMECAHAN
MASALAH
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Langkah-langkah
tindakan yang akan dilakukan dalam pemecahan masalah, dimulai dng menguraikan
alternatif tindakan yg akan dilakukan. misal: bimbingan teknis, diklat,
workshop …dsb.)
F. TUJUAN
PENELITIAN
....................................................................................................................
....................................................................................................................
} Menyatakan apa yang ingin dicapai oleh peneliti
} Harus mengacu pada rumusan masalah
G. MANFAAT
PENELITIAN
....................................................................................................................
....................................................................................................................
(Manfaat dituliskan sesuai dengan sasaran pengguna hasil penelitian)
Contoh penulisan manfaat:
} PTK ini diharapkan dapat
memberikan manfaat bagi guru dalam
meningkatkan inovasi mengajarnya.
} PTK ini diharapkan dapat
memberikan manfaat bagi siswa dalam
menerima pembelajaran yang inovatif
BAB II KAJIAN PUSTAKA / TEORITIS
....................................................................................................................
....................................................................................................................
} Teori Umum
} Teori Khusus
} Rencana Pemecahan Masalah
BAB III METODE
PENELITIAN
....................................................................................................................
....................................................................................................................
} Lokasi Penelitian
} Jenis Penelitian
} Waktu dan Lama Waktu Penelitian
} Subyek Penelitian
} Variabel Penelitian
} Teknik Pengumpulan Data
} Teknik Pembahasan
} Rancangan Tindakan
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
....................................................................................................................................................................................................................................
} Hasil penelitian mengemukakan gambaran tentang
pelaksanaan tindakan
} Hasil penelitian harus relevan dengan rumusan masalah
} Akhir dari bab ini adalah pembahasan, Yaitu pendapat
peneliti tentang kelebihan dan kekurangan dari tindakan serta kemungkinan untuk
pengembangan
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
....................................................................................................................................................................................................................................
} Kesimpulan merupakan kristalisasi dari hasil penelitian
dan pembahasan
} Kesimpulan merupakan jawaban terhadap pertanyaan yang
muncul pada perumusan masalah, oleh karena itu, kesimpulan harus relevan dengan
perumusan masalah
} Saran-saran berisikan anjuran-anjuran kepada siapa dan
bagaimana cara melakukannya
} Cara melakukan saran-saran bersifat praktis (mudah
diterapkan) dan logis yaitu bersadarkan kesimpulan
} Dalam saran dituliskan dengan tegas, saran ditujukan
kepada siapa dan apa saran opresionalnya
DAFTAR PUSTAKA
..................................................................................................................
.......................................................
..........................................................................................................
.......................................................
Dua syarat utama harus dipenuhi oleh sumber bacaan;
} adanya keterkaitan
antara isi bacaan dengan masalah yang dibahas, dan
}
kemutahiran sumber bacaan, artinya sumber bacaan
yang sudah kadaluwarsa harus ditinggalkan
}
penulisan disusun
berdasarkan abjad dan tahun penerbitan
LAMPIRAN-LAMPIRAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
} Rancangan pelaksanaan PTK seperti: scenario
pelaksanaan, bahan ajar, hand-out, diklat, dst
} Semua instrument yang digunakan dalam penelitian,
terutama lembar pengamatan yang digunakan selama PTK dilaksanakan missal :
lembar observasi, kuisioner, tes, dll
} Cotoh-contoh asli (atau foto copy) hasil kerja dari
siswa, atau guru dalam pengisian/pengerjaan instrument
} Dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti,
fhoto-fhoto kegiatan PTK, daftar hadir, surat ijin penelitian, catatan harian pelaksanaan
PTK, dll
LAMPIRAN I
JADWAL KEGIATAN PENELITIAN
Judul Penelitian : .....................................................................................................
.....................................................................................................
Peneliti : ......................................................
Kolega : ......................................................
No.
|
Kegiatan
|
Mgu-1
|
Mgu-2
|
Mgu-3
|
Mgu-4
|
Keterangan
|
1.
|
Penyusunan Proposal
|
26 Agustus ’10
|
||||
2.
|
Koordinasi dan Peren-canaan awal
|
Dilakukan bersama .........
kolega
|
||||
3.
|
Pemberian Informasi kepada peserta diklat
|
Penjelasan instrumen
|
||||
4.
|
Refleksi & Perencanaan
|
|||||
5.
|
Pelaksanaan Siklus - 1
|
|||||
6.
|
Observasi Siklus - 1
|
|||||
7.
|
Penyebaran angket -1
|
|||||
8.
|
Pengolahan Data - 1
|
|||||
9.
|
Refleksi & Perencanaan
|
|||||
10.
|
Pelaksanaan Siklus - 2
|
|||||
11.
|
Observasi Siklus - 2
|
|||||
12.
|
Penyebaran angket -2
|
|||||
13.
|
Pengolahan Data - 2
|
|||||
14.
|
........dst.nya.........
|
|||||
15.
|
Kesimpulan
|
|||||
16.
|
Penyusunan Laporan
|
Jayakerta, Januari 2011
.....................................
NIP. ............................
BIOGRAFI PENULIS
Nama :
………………………………..
NIP : ………………………………..
Tempat Tgl Lahir : ……………………………….
Jabatan : …………………………. (sejak CPNS s/d
sekarang)
Pangkat Gol Ruang : ……………………………….
Agama : ……………………………….
Pendidikan : ………………………………. (D.2)
:
………………………………. (S.1)
Alamat
Kantor :
……………………………….
:
……………………………….
Alamat Rumah : Jln …………………………….
:
RT/RW ……………………….
: Desa
…………………………..
: Kecamatan
……………………
: Kabupaten
……………………
: Provinsi
………………………
: Kode POS
……………………
Nomor Telpon/HP : ………………………………..
Hobby : ……………………………….
Jayakerta, … Januari 2011
Penulis
______________________
Terima kasih buat artikel tentang Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang cukup lengkap ini. Salam kenal dari admin Kabar Guru dan Pendidikan buat semua pengunjung laman ini. Baca juga :
BalasHapusCara Cek Status Inpassing Guru
Panduan Juknis Penulisan Ijazah Lengkap